PENYAKIT POLIP HIDUNG

 Hasil gambar untuk polip hidung

Polip hidung

Salah satu keluhan yang kerap mengganggu keseharian seseorang adalah masalah pernapasan, dalam hal ini yang terkait dengan hidung tersumbat. Banyak yang meyakini bahwa hidung tersumbat merupakan gejala polip hidung

Polip hidung yaitu pertumbuhan jaringan pada lapisan rongga hidung. Pertumbuhannya menggantung seperti tetesan air mata, yakni tangkai lebih kecil dari ujungnya. Terjadinya penyakit ini yaitu disebabkan oleh peradangan kronis seperti asma, alergi, infeksi berulang, sensitiv terhadap obat atau gangguan kekebalan tubuh.

Polip yang masih kecil umumnya tidak menimbulkan gejala, tapi saat sudah besar, maka akan menyebabkan rasa mengganjal di dalam hidung, hidung tersumbat, rentan mengalami infeksi, penciuman hilang.Untungnya gejala-gejala ini dapat ditangani dengan obat, termasuk untuk melenyapkan atau mengecilkan polip hidungnya, namun terkadang diperlukan tindakan operasi.

Semakin cepat ditangani, maka kemungkinan hal terburuk dapat diminimalisir

Penyebab

Ada bermacam hal yang diperkirakan dapat mengakibatkan terjadinya inflamasi atau peradangan terhadap dinding saluran hidung. Peradangan yang terjadi bisa disebabkan karena alergi, jamur, virus, infeksi bakteri.

Adanya kelainan dalam sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan hidung juga dapat mengakibatkan terjadinya pembengkakan, faktor keturunan juga sangat berpengaruh pada munculnya polip hidung. Apabila salah satu orang tua anda menderita polip hidung maka resiko anda mengalami polip hidung lebih tinggi untuk terkena polip. Selain itu, gangguan pada saraf di sekitar hidung juga bisa menggangu cairan untuk mengalir sehingga menyebabkan inflamasi

Polip hidung bisa terjadi pada siapa saja, tapi lebih umum menimpa usia remaja sampai dewasa, polip sering terjadi pada sinus di sekitar mata, hidung dan tulang pipi

Beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko mengalami polip hidung :

– Faktor keturunan

– Sindrom chrug strauss

– Sinusitis

– Intoleransi terhadap aspirin

– Asma

– Alergi rhinitis

– Fibtosis kistik

Gejala

Gejala polip akan dirasakan saat polip yang ada di hidung memiliki ukuran yang relatif besar hingga mengganggu pernapasan. Sedangkan polip yang berukuran kecil tidak akan menunjukan gejala yang cukup mengganggu. Adapun beberapa gejala polip hidung yang akan timbul saat ukuran polip sudah mulai besar yaitu :

  1. Sakit pada Gigi Rahang Atas
  2. Telinga Terasa Penuh
  3. Bentuk hidung tidak simetris
  4. Sakit pada bagian wajah
  5. Sakit kepala berkepanjangan
  6. Gangguan pada indra penciuman
  7. Hidung berair dan tersumbat
  8. Lendir yang jatuh dari belakang hidung ke tenggorokan
  9. Mendengkur

itulah beberapa gejala polip yang menandakan ukuran polip sudah mulai membesar, keadaan seperti itu mengharuskan anda untuk segera memeriksakan diri secara medis

Bahaya polip hidung

Bahaya polip ketika kita tidak segera menanganinya yaitu akan menyebabkan munculnya penyakit sinusitis, sinusitis yang disebabkan oleh penyakit polip ini terjadi karena cairan pada rongga hidung tersumbat dan tidak bisa keluar. Dari sumbatan cairan pada rongga hidung itulah mengakibatkan tempat bertumbuhnya bakteri bakteri penyakit, dan itulah yang disebut peradangan sinus atau sinusitis

Namun dalam kasus ini beberapa orang penderita polip juga bisa dikarenakan oleh penyakit sinusitis. Hal ini karena rongga hidung kita memiliki bagian yang sempit dan jika terinfeksi oleh kuman kuman penyakit maka bagian yang sempit itu akan mengalami pembengkakan. Dan pembesaran ini yang menjadi awal penyakit polip

Polip jika dibiarkan dan tidak ditangani dengan cepat akan menjadikan tumor polip tersebut menjadi ganas dan semakin membesar.

Baca juga : Cara Mengobati Penyakit Mata Glaukoma

Makanan yang baik untuk polip hidung

– Makanan yang mengandung vitamin C dan E

Molekul oksigen aktif yang dikenal sebagai radikal bebas, telah dikaitkan dengan kerusakan jaringan di polip hidung. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Studi juga menunjukkan kadar tinggi vitamin C membantu mengurangi pelepasan histamin dalam tubuh dan membuat histamin memecah lebih cepat . Histamin, zat kimia yang diproduksi oleh tubuh, terlibat dalam banyak reaksi alergi dan dapat meningkatkan peradangan. Vitamin E adalah antioksidan lain yang dapat membantu dengan polip hidung. Vitamin C dan vitamin E melindungi satu sama lain dan lebih efektif bila dikonsumsi bersama-sama

– Makanan yang mengandung tinggi vitamin A dan Betacaroten

Vitamin A membantu melindungi lapisan membran dari sinus . Selain itu, antioksidan kuat yang dapat memerangi peradangan kronis. Beta-karoten, yang ditemukan kuning / oranye dan sayuran hijau dan buah-buahan seperti bayam, wortel, ubi jalar, labu musim dingin, mangga, melon dan aprikot, juga memainkan peran penting dalam memerangi polip hidung karena anti-oksidan sifat serta perannya sebagai prekursor vitamin A.

– Makanan yang mengandung Quercetin

Quercetin merupakan salah satu flavonoid yang paling melimpah di alam dan sangat cocok untuk menangkal radikal bebas. Selain itu flavonoid bersifat sebagai zat antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai serangan parasit. Anda bisa mendapatkan asupan quercetin melalui beberapa makanan seperti :anggur merah, dan banyak buah, termasuk raspberry, lingonberry , dan cranberry,  caper, kunyit, bawang merah , apel, brokoli , anggur merah, ceri, jeruk, teh.

Pantangan makanan polip hidung

– Makanan Yang Mengandung Lemak Dan Kolesterol Tinggi

Makanan tersebut misalnya, daging mentah, goreng-gorengan, dan daging kambing. Makanan yang seperti inilah yang menjadi pemicu pertumbuhan penyakit polip semakin mudah.

– Makanan Yang Mengandung Alkohol

Kandungan alkohol itu sebenarnya tidak selalu ditujukan pada minuman-minuman keras, bahkan ada buah-buahan seperti durian, anggur, lengkeng, duku, dan nanas juga termasuk kedalamnya.

– Makanan Dan Minuman Yang Bersifat Dingin

misalnya ice cream atau minuman yang mengandung es. Karena makanan dan minuman yang bersifat dingin ini juga bisa memicu munculnya penyakit polip pada rongga mukosa

– Makanan Yang Mengandung Bahan Pengawet

seperti mie instan, dan makanan kalengan. Karena makanan yang mengandung bahan pengawet itu sudah terkontraminasi dengan bahan kimia yang sebenarnya memang sangat bahaya bagi tubuh. Apalagi jika dikonsumsi oleh penderita penyakit polip.

Cara pengobatan

– Membilas Hidung

Saat mengalami penyakit polip terutama dibagian rongga hidung atau sinus, itu menandakan bahwa rongga hidung anda sering dalam keadaan yang tidak bersih. Terdapat banyak cairan yang didalamnya ada bakteri, virus, dan jamur yang menempel. Cara yang paling mudah adalah biasakan untuk membilas atau berkumur di hidung. Pastikan anda membilas menggunakan air yang bersih pula.

– Kunyit

Siapa sangka kunyit dapat mengobati polip. Anti inflamasi didalam kunyit berguna untuk melawan bakteri dan virus yang terinfeksi didalam tubuh, selain itu juga dapat menghentikan gejala pembengkakkan. Kunyit juga mengandung senyawa dekongestan. Untuk cara penggunaannya, cukup ambil 1 sendok teh bubuk kunyit kemudian larutkan bubuk tersebut didalam susu hangat. Anda bisa menggunakan segala macam varian susu dengan berbagai rasa. Minumlah ramuan ini di pagi hari dan malam hari sebelum hendak tidur.

– Bawang Putih

Sudah banyak yang mengetahui tentang khasiat dan manfaat dari bawang putih sendiri. Bawang putih yang memiliki antioksidan, anti bakteri, dan anti inflamasi ini bisa anda cincang dengan halus. Kemudian dikonsumsi dengan air putih saja. Mungkin akan terasa aneh rasanya, namun cara ini dipercaya dapat menyembuhkan polip anda secara ampuh dan cepat.

Sumber : http://www.bosacepsuherman.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *