PENYAKIT KANKER

 Hasil gambar untuk kanker

Pengertian kanker

Kanker yaitu tumbuhnya sel bizarre yang tidak terkontrol di dalam tubuh. Sel kanker juga disebut sel ganas. Kanker tumbuh dari sel dalam tubuh. Kanker yaitu penyakit genetik, Kondisi ini dikarenakan oleh perubahan pada gen yang mengendalikan fungsi sel kita, terutama bagaimana cara mereka tumbuh dan membelah. Sel kanker dapat mempengaruhi sel normal, molekul, dan pembuluh darah disekitarnya.

Kanker terjadi saat bahan genetik sel menjadi berubah. Hal ini menyebabkan sel sel tumbuh dan tak terkendali. Sel membelah terlalu cepat dan tidak mati menggunakan cara biasa, secara umum sel kanker bisa di kelompokan ke dalam 2 macam, sebagai berikut :

– Tumor kanker ganas

ialah  menyebar ke dalam, atau menyerang, jaringan di dekatnya. Selain itu, saat tumor ini tumbuh, beberapa sel kanker ini dapat menyebar jauh ke dalam tubuh melalui darah atau sistem getah bening dan membentuk tumor baru yang jauh dari tumor aslinya.

– Tumor jinak tidak menyebar ke dalam, atau menyerang. Tumor jinak kadang bisa cukup besar. Bila diangkat atau di buang, biasanya tidak tumbuh kembali.

Kanker bisa tumbuh dan berkembang di semua organ atau jaringan tubuh manusia, seperti pada paru-paru, usus besar, payudara, kulit, tulang, atau bahkan jaringan saraf otak manusia.

Penyebab kanker :

Penyebab kanker yang dipicu karena pola hidup adalah sebagai berikut :

  1. Kurang mengonsumsi sayur dan buah buahan

Jenis kanker yang paling identik dengan konsumsi buah dan sayur adalah kanker usus. Menurut Dr. Henry Naland, spesialis onkologi dari RS Omni Pulomas Jakarta, salah satu faktor penyebab kanker usus dari makanan adalah kebiasaan tidak suka makan sayur. Tubuh yang kekurangan sayur dan buah akan menjadi kekurangan serat. Padahal serat itu penting untuk mengeluarkan kotoran residu dalam bentuk tinja. Karenanya, kekurangan serat akan membuat kotoran dikeluarkan lebih lama. Hal itu akan membuat zat-zat atau racun yang diserap berbalik ke tubuh dan menyebabkan kelainan di sel. Kelainan sel inilah yang menjadi awal dari kanker.

  1. Indeks massa tubuh tinggi

yaitu ukuran perbandingan antara berat badan dan tinggi untuk mengetahui apakah tubuh tergolong ideal atau malah obesitas, tubuh yang tergolong obesitas sangat erat sangkut paut nya dengan kanker. Jenis kanker yang paling dipengaruhi obesitas adalah kanker esofagus (tenggorokan), rahim, dan tumor usus.

Dilansir dari Liputan6 Health, Profesor epidemiologi dari Harvard School of Public Health, Dr Graham Colditz, mengatakan bahwa obesitas bisa memicu kanker karena adanya keseimbangan energi yang berlebih. Kelebihan energi itu akan disimpan menjadi lemak tubuh yang selanjutnya menyebabkan tingginya tingkat insulin atau disebut hiperinsulinemia. Pada pasien wanita yang obesitas, kondisi hiperinsulinemia ini dapat berkembang menjadi kanker payudara.

Faktor lain mengapa obesitas dapat menyebabkan kanker adalah karena obesitas akan memicu peradangan jaringan yang menyebabkan keseimbangan sel terganggu. Selain itu, adanya lemak berlebih pada tubuh obesitas akan mengganggu protein penjaga pertumbuhan sel.

  1. Merokok

Merokok yaitu kelompok dari pola hidup penyebab kanker yang paling mematikan. Lebih dari 20 persen kematian akibar kanker di dunia disebabkan oleh rokok. Dan, jenis kanker yang paling banyak disebabkan rokok adalah kanker paru-paru. Mengapa rokok menyebabkan kanker? Rokok mengandung 4000 bahan kimia bahaya yang 69 diantaranya yaitu zat karsinogenik (dapat menimbulkan kanker). Zat-zat berbahaya yang terkandung didalam rokok itu misalnya tar, karbon monoksida, sianida, arsen, formalin, dan nitrosamine. Semakin banyak tubuh terpapar zat tersebut, semakin besar pula risiko sel kanker berkembang.

  1. Konsumsi alkohol berlebihan

Setiap jenis alkohol yang masuk ke tubuh (bir, wine, dan minuman keras lainnya) akan bercampur oleh darah untuk selanjutnya dimetabolisme. Proses metabolisme ini akan menghasilkan beberapa zat yang salah satunya adalah asetaldehid. Apa itu zat asetaldehid? Asetaldehid adalah zat karsinogen (penyebab kanker) yang dapat menyebabkan kerusakan DNA, memicu abnormalitas kromosom dalam jaringan sel, dan melakukan aktivitas seolah-olah hewan karsinogen. Zat ini bersifat destruktif (merusak) terhadap sel-sel di dalam tubuh yang pada akhirnya akan sangat mungkin memicu kanker.

  1. Kurang aktivitas fisik

Tubuh yang jarang bergerak atau beraktivitas akan mengakibatkan distribusi cairan limpa menjadi terhambat. Sebab, cairan limpa sangat tergantung pada gerakan otot untuk dapat didistribusikan ke bagian tubuh yang lain. cairan limpa yang tidak tidak terdistribusi dengan baik akan menurunkan kekebalan tubuh karena cairan ini termasuk bagian dari sistem imun atau kekebalan tubuh. Akibatnya, sel kanker akan lebih leluasa untuk berkembang.

Gejala penyakit kanker

Kanker merupakan penyakit yang mempunyai gejala yang sangat banyak dan bermacam macam. Gejala penyakit ini sesuai pada lokasi kanker tersebut, seberapa besar kankernya, dan seberapa pengaruh kanker terhadap jaringan di sekitarnya. Jika sudah menyebar maka gejala penyakit ini akan muncul di beberapa bagian tubuh

Ketika sebuah sel kanker mulai tumbuh, sel ini dapat menekan organ di sekitarnya, pembuluh darah, atau saraf. Penekanan ini menyebabkan tanda dan gejala penyakit kanker. Jika kanker terdapat di area vital seperti berada di otak, maka meskipun ukurannya minimum, sel kanker dapat menimbulkan gejala.

Namun kadang kanker berada di tempat yang tidak menimbulkan gejala sama sekali sampai ukurannya cukup besar. Kanker pankreas misalnya, biasanya tidak menimbulkan gejala sampai ukuran kanker cukup besar untuk menekan saraf pada organ terdekat sehingga menimbulkan nyeri pada punggung atau perut. Ketika kanker pankreas menunjukkan tanda dan gejala, artinya kanker ini telah tumbuh dan menyebar ke luar pankreas.

Menemukan kanker sejak dini sangatlah penting dalam kesuksesan pengobatan. Sehingga mengenali apa saja gejala penyakit kanker sangatlah penting. Ada ratusan tipe kanker dengan gejala yang begitu bervariasi.

Berikut beberapa gejala kanker yang umum :

  1. Fatigue
  2. Rasa nyeri
  3. Demam
  4. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
  5. Luka yang tidak sembuh
  6. Plk putih di dalam mulut atau bercak putih di lidah
  7. Perubahan warna kulit
  8. Penebalan atau benjolan pada payudara atau bagian lain pada tubuh
  9. Pendarahan yang tidak biasa
  10. Perubahan pada bintil atau tahi lalat
  11. Gangguan pencernaan
  12. Batuk

Bahaya penyakit kanker

Kanker merupakan salah penyakit berbahay di dunia, penyakit ini telah menginfeksi banyak manusia dari jaman ke jaman.

Kanker menjadi sangat berbahaya karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya, kanker seperti bayang-bayang yang sangat menakutkan dalam tubuh seseorang.

Wanita dalam hal ini cukup rentan terhadap penyakit berbahaya ini, seperti kanker serviks dan kanker payudara.

Kedua kanker ini menyerang bagian kewanitaan, dua bagian yang sangat vital bagi seorang wanita sekaligus seorang ibu.

Bayangkan saja, anak akan terlahir dari rahim ibunya, sedangkan kanker serviks atau kanker leher rahim menghadang sang buah hati, ini akan menjadi kondisi yang sangat sulit sekali bagi keluarga baru.

Anak pun membutuhkan asi dari ibunya, nutrisi yang tiada taranya bagi perkembangan buah hati, bahkan beberapa menit pertama ketika bayi pertama kali meminum air susu ibu, disebut sebagai makanan dengan sumber manfaat yang luar biasa.

Kanker pun dapat menyerang kaum adam, sebut saja seperti kanker prostat, ini pun kanker yang sangat mengerikan, efek terburuk adalah kematian, namun lebih dari itu, bisa saja seorang pria kehilangan kejantanannya.

Meskipun saat ini belum ada betul mengenai penyebab dari kanker itu sendiri.

Pada tahap ini para peneliti hanya bisa menyimpulkan faktor-faktor yang mungkin menjadi penyebab dari penyakit kanker, melalui penelitian dari studi kasus orang-orang yang terjangkit penyakit kanker.

kanker sendiri dapat dikatakan adalah sebuah jaringan dalam tubuh yang tumbuh terus menerus atau membelah diri tanpa bisa dihindari.

Maka penting bagi muda-mudi rakyat indonesia untuk mengetahui gejala-gejala yang menyebabkan kanker, deteksi dini pada penyakit berbahaya ini menjadi sangat penting.

karena jika tidak maka efek terburuk adalah kanker telah melewati pada tahapan untuk sulit disembuhkan.

Baca juga : Cara Mengobati Penyakit Gastritis

Makanan yang baik untuk penderita kanker

Pasien kanker harus konsumsi makanan yang kaya nutrisi sehat untuk kesembuhan kanker. Ada beberapa makanan yang dinyatakan bernutrisi baik bagi penderita kanker dan sangat disarankan dikonsumsi setiap hari secara rutin, berikut ini adalah contohnya :

  1. Makanan berkuah

Kebanyakan para pasien kanker yang sedang menjalankan kemoterapi akan mengalami masalah mulut kering, gusi kering serta mudah terluka. Disarankan, penderita kankeruntuk konsumsi makanan berkuah seperti sayur bening, bubur dan buah serta sayur yang di blender. Makanan berkuah akan membantu pasien kanker mempunyai kesehatan mulut yang tetap terjaga

  1. Wortel

Wortel mengandung nutrisi serta vitamin yang sangat ba

  1. Brokoli

Brokoli termasuk salah satu sayur yang baik untuk kanker. Nutrisi, vitamin dan antioksidan yang terdapat pada sayur brokoli tak hanya membunuh sel kanker. Lebih jauh, nutrisi terbebutpun baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah datangnya resiko penyakit yang mematikan

  1. Biji-bijian

Nutrisi yang ada di dalam biji bijian dipercaya bisa mengatasi masalah sembelit. Biji-bijian juga membuat sistem pencernaan penderita kanker selalu sehat sehingga meminimalisir terjadinya masalah kesehatan terkait pencernaan. Kacang polong, kacang hijau, kacang kedelai, buah kering dan sereal adalah makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi.

  1. Bawang

Bawang merah, putih, bombay sangat penting, ketiga bawang itu mengandung antioksidan yang sangat baik menjaga stamina tubuh

Pantangan makanan penderita kanker

  1. Sea Food

Tidak bisa dipungkiri lagi memang Sea Food merupakan golongan jenis makanan yang tidak sedikit disukai,  tetapi tidak bagi penderita penyakit kanker, karena dapat menumbuhkan kembali sel-sel kanker.

  1. Daging

Mengonsumsi daging pada penderita kanker bisa mengakibatkan pertumbuhan kembali sel yang tidak normal. Beberapa daging yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit kanker, yakni : Daging babi, kerbau, kambing, sapi, serta daging unggas.

  1. Makanan Yang Diawetkan

Makanan yang diawetkan sangat tidak dibaik bagi penderita penyakit kanker. Makanan yang diawetkan mengandung zat bernama Nitrit yang bisa dikonversi ke N-nitrosamine. Zat ini berupa salah satu racun kuat yang menjadi salah satu penyebab kanker. Selain itu zat ini juga dapat membahayakan hati dan organ tubuh lainnya.

  1. Ikan Asin

Dalam pembuatan ikan asin, banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan bahan pengawet untuk pembuatan ikan asin. Salah satu bahan pengawet yang sering digunakan adalah Formalin (pengawet jenazah manusia). Jika bahan pengawet ini secara terus menerus digunakan maka akan menimbulkan hepatotoksik (keracunan pada organ hati). Sehingga akan menimbulkan gangguan pada sel dan dapat menyebabkan perkembangan sel-sel kanker.

Cara pengobatan

  1. Daun Sirsak

Siapa yang tidak tahu manfaat daun sirsak, yang katanya dapat mengatasi berbagai macam penyakit?  Ya, manfaat dari daun sirsak ini memang sangat familiar sebagai obat untuk kanker, tumor, diabetes, atau penyakit mematikan lainnya.

Daun sirsak mengandung berbagai macam senyawa alami yang sangat bermanfaat

Kandungan senyawa kimia tersebut merupakan senyawa yg dapat memberikan manfaat untuk tubuh, baik sebagai obat ataupun meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Habsah Abdul Kadir, bersama para koleganya dari Universitas Malaya, di Kuala Lumpur , tentang senyawa etil asetat dari ekstrak daun sirsak dalam kaitannya dengan mekanisme molekuler AMAE untuk melawan sel-sel kanker paru A549, ternyata senyawa yang diambil dari daun sirsak tersebut dapat menghambat proliferasi (pembelahan) sel-sel kanker paru A549.

Dengan begitu, daun sirsak bisa mengobati berbagai jenis kanker termasuk prostat, paru-paru dan kanker payudara.

Cara pengolahan :

–  Bisa dengan cara direbus

–  Bisa dengan cara dikeringkan

Kemudian minum secara rutin 3-4 kali dalam 1 hari

Sumber : http://www.bosacepsuherman.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *