PENYAKIT ASAM URAT

 

Pengertian asam urat

Asam urat merupakan suatu kondisi yang bisa menyebabkan dan memicu terjadinya gejala nyeri yang tak tertahankan, adanya pembengkakan, dan juga rasa panas pada bagian persendian. Hampir semua bagian persendian di dalam tubuh bisa terserang asam urat, akan tetapi pada kebanyakan kasus yang sangat sering terserang asam urat yaitu pada bagian jari tangan, sendi lutut, sendi pergelangan kaki, dan sendi jari kaki

Seperti halnya dengan semua jenis jenis penyakit yang lainnya, penyakit asam urat ini juga bisa terjadi dan bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan juga jenis kelamin. Tetapi sesuai dengan penelitian medis, ternyata laki laki lebih beresiko dan rawan terserang penyakit asam urat ini jika dibandingkan dengan perempuan. Selain itu, laki laki dengan usia diatas 30 tahun memiliki resiko asam urat yang lebih tinggi, sementara itu bagi perempuan penyakit asam urat ini biasanya bisa muncul setelah memasuki masa masa menopause

penyebab asam urat

Asam urat/ gout yaitu zat sisa yang dibentuk oleh tubuh pada saat tubuh memetabolisme substansi yang dinamakan purin. Purin bisa didapatkan pada beberapa macam makanan dan minuman –seperti di alkohol, hati, daging, dan seafood.

Penyakit gout timbul saat asam urat di tubuh menumpuk dan sulit untuk dikeluarkan oleh tubuh. Ketika tubuh Anda memproduksi terlalu banyak asam urat, oleh karena itu yang selanjutnya bisa terjadi adalah penumpukan yang membentuk kristal- kristal asam urat. Penumpukan bisa terjadi di sekitar sendi dan ginjal.

Beberapa faktor resiko timbulnya gout adalah:

-Obesitas, tekanan darah tinggi, dan diabetes

-Memiliki riwayat penderita asam urat (gout) dalam keluarga

-Gangguan ginjal

-Mengonsumsi makanan yang tinggi akan asam urat seperti daging merah dan seafood

-Mengonsumsi terlalu banyak alkohol

Gejala asam urat

Gejala pertama asam urat yang banyak dirasakan oleh penderitanya, panas, kemerahan dan pembengkakan pada sendi yang terjadi dengan cara tiba-tiba. Persendian yang sering mengalami serangan adalah persendian kecil seperti ibu jari kaki. Beberapa sendi lain yang dapat terkena ialah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku.

Pada serangan akut penderita asam urat bisa mucul demam dan nyeri hebat di bagian sendi yang biasanya bertahan berjam-jam sampai seharian. Seiring berjalannya waktu, serangan gout akan timbul lebih sering dan lebih lama.

Kristal-kristal asam urat dapat membentuk tophi (benjolan keras namun tidak nyeri disekitar sendi) di luar persendian. Tophi tidak sedikit ditemukan di sekitar jari tangan dan di ujung siku dan sekitar ibu jari kaki. Selain itu dapat ditemukan juga pada daun telinga, tendon achiles (daerah belakang pergelangan kaki), dan pita suara (sangat jarang terjadi).

 Bahaya asam urat

Metabolisme purin normalnya imbang diantara sintesis dan degradasinya. Sintesis asam urat, selain dari konsumsi makanan, kebanyakan karena kematian sel. Semakin banyak kematian sel, oleh karena itu purin yang dilepaskan akan semakin tinggi dan banyak sehingga sintesis asam urat akan meningkat.

Asam urat sendiri dieliminasi melalui urin dan feses. Urin mengeliminasi asam urat sebanyak 70 persen sedangkan feses sisanya. Gangguan pembentukan urin dan feses secara tidak langsung akan membuat kadar asam urat meningkat di dalam tubuh. Kenaikan kadar asam urat yang berlebihan telah dibuktikan memakan peran penting pada beberapa penyakit pada manusia. Oleh karena itu bisa dikatakan asam urat merupakan suatu zat yang berbahaya bagi manusia.

berikut ini yaitu macam macam bahaya asam urat yang bisa terjadi pada manusia :

  1. Gout Arthritis
  2. Batu ginjal
  3. Tophi
  4. Kerusakan sendi
  5. Mempengaruhi Psikologis
  6. Asidosis metabolik
  7. Gagal ginjal
  8. Memperparah kejang epilepsi
  9. Meningkatkan resiko osteoarhtritis
  10. Meningkatkan resiko kematian

Beberapa makanan yang baik untuk asam urat

Sangat penting sekali bagi anda para penderita penyakit asam urat, untuk secara teliti dalam memilih makanan sehat yang akan di konsumsi, agar penyakit asam urat tidak semakin parah.

Contoh makanan sehat yang baik untuk penderita asam urat yang perlu anda ketahui yaitu sebagai berikut :

  1. Buah cerry

Cerry mengandung zat anti inflamasi hingga bermanfaat mencegah pengkristalan asam urat yang bisa mengganggu kesehatan

  1. Buah apek

Buah apel mengandung asam malat yang mempunyai manfaat mengontrol asam urat

  1. Jeruk nipis

Kandungan asan sitrat yang terdapat bisa melarutkan asam urat sehingga gejala asam urat bisa diberantas

  1. Buah vit C
  2. Pisang

Berfungsi mengurangi pembengkakan dan peradangan nyeri sendi

  1. Makanan yang mengandung potasium tinggi
  2. Perbanyak konsumsi makanan berkarbohidrat

Baca juga : Obat Pengering Luka Dari Herbal

Pantangan makanan asam urat

Salah satu kunci dalam manajemen penyakit asam urat adalah menjaga asupannya. Makanan dengan kadar purin yang tinggi sebaiknya dihindari oleh pasien asam urat. Berikut akan dijabarkan daftar makanan yang sebaiknya dihindar

1. Udang

Selain jenis ikan, pada dasarnya hidangan laut termasuk dalam golongan asupan dengan kadar purin tinggi. Selain itu, perlu diingat juga bahwa udang merupakan sumber asupan tinggi kolesterol, jadi sebaiknya konsumsi dibatasi demi kesehatan kita.

2.Tahu Tempe

Tahu dan tempe dikenal sebagai hidangan sehari-hari masyarakat Indonesia. Selain harganya terjangkau, tahu dan tempe juga salah satu sumber protein. Namun, tahu tempe mengandung kedelai yang merupakan sumber asupan yang tinggi kadar purinnya.

3.Sayur Bayam

Banyak orang berpikir bahwa sayuran adalah sumber mineral yang baik untuk kesehatan. Ya, memang benar. Tapi bagi penderita asam urat, harus berhati-hati, karena sayuran seperti asparagus, bayam memiliki kadar purin yang cukup tinggi.

Yang penting adalah mengontrol jumlah asupan yang mengandung purin agar tidak berlebih.

4.Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi, kambing, babi, bacon, termasuk makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi. Penderita asam urat sebaiknya menghindari atau membatasi asupan yang kadar purinnya tinggi.

  1. Ikan Sarden dan Mackerel

Walaupun tinggi protein, ikan umumnya juga memiliki kadar purin yang tinggi. Ikan sarden, mackerel, tuna termasuk kedalam golongan ikan yang sebaiknya dihindari.

Cara mengobati asam urat dengan jahe

Untuk memperoleh manfaat jahe pada asam urat, anda perlu mempelajari cara pengolahan dan langkah membuat racikan jahe dengan baik. Kesalahan pengolahan jahe justru akan menyebabkan beberapa manfaat dari jahe hilang.

Secara garis besar, car pengolahan jahe menjadi makanan atau minuman yang menyehatkan adalah sebagai berikut :

Persiapkan 2 atau 3 ruas jahe dengan ukuran sebesar ibu jari dan potong-potong

  1. Bersihkan jahe-jahe yang sudah Anda potong-potong dengan cara alirkan air bersih di permukaan jahe tersebut
  2. Ambillah jahe yang telah dibersihkan dan masukkan ke dalam air mendidih
  3. Rebus jahe hingga terlihat perubahan pada warna air (hal ini menandakan bahwa air air yang digunakan untuk merebus jahe telah tercampur dengan ekstrak jahe
  4. Angkat rebusan air jahe tersebut dan biarkan agak mendingin
  5. Minum air rebusan jahe tersebut sebanyak 2 hingga 3 kali dalam satu hari dan rasakan manfaatnya

Ramuan jahe ini banyak mengandung jutaan manfaat yang dapat menurunkan kadar asam urat yang di derita. selain itu ramuan jahe ini mampu membuat anda lebih sehat dan merasa segar setelah mengonsumsinya. Namun demikian, anda perlu memperhatikan hal hal penting agar anda tidak akan salah dalam mengolah jahe menjadi obat

– pilih jahe matang dan tidak muda atau tua. kandungan jahe yang matang akan lebih optimal dalam mengobati beberapa penyakit khususnya asam urat

– Rebuslah jahe dalam air mendidih hingga jahe berubah menjadi ekstrak sehingga tidak ada nutrisi yang tertinggal.

Sumber : http://www.bosacepsuherman.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *