Buah Ara Penurun Asam Urat dan Darah Tinggi

Buah Ara Penurun Asam Urat dan Darah Tinggi,- Buah ara atau yang juga populer dengan nama buah tin merupakan jensi buah yang berasal dari kawasan Asia Barat. Terutama bagi umat muslim buah tin ini tentuya sudah akrab didengar. Pasalnya buah tin ini menjadi nama dari salah satu surat yang terdapat dalam Al-Qur’an. Buah tin juga disebut-sebut sebagai buah dari surga.

Buah Ara Penurun Asam Urat dan Darah Tinggi

Meskipun masih jarang ditemukan di Indonesia, namun buah ini sudah banyak dibudidayakan. Tidak seperti jenis buah lainnya yang hanya berbuah pada musim tertentu saja, buah tin memiliki keistimewaan yaitu dapat tumbuh sepanjang tahun. Buah ara atau buah tin memiliki warna ungu pada kulit buahnya dan berwarna merah pada bagian daging buahnya.

Selain rasanya yang manis, buah ara juga mengandung sejumlah nutrisi yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi tersebut terdiri dari, lemak, protein, kalori, gula, sodium, vitamin A, B1, B2, B3 dan C, potassium, magnesium, phosporus, kalsium dan besi. Sebagai sumber nutrisi alami, buah ara ini sangat baik dikonsumsi dan berperan menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini adalah sejumlah manfaat buah ara bagi kesehatan:

Buah ara yang dikenal memiliki nutrisi lengkap ternyata ampuh mengobati darah tinggi. Terutama kandungan omega 3, omega 6, kalium, fenol dam juga magnesium dipercaya ampuh menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Mengatasi kolesterol

Dalam mengatasi kolesterol, buah ara ini dibantu dengan serat alami yang dinamakan pectin. Senyawa ini dapat menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah ara secara rutin, tubuh pun di akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol.

  • Membantu mengatasi wasir

Buah ara dikenal sebagai buah yang mengandung zat yang menguntungkan bagi penderita wasir. Zat tersebut ialah ficin dan flavonoid yang memang baik dalam mencegah pencernaan.

  • Mencergah terjadinya osteoporosis

Terjadinya osteoporosis disebabkan oleh kurangnya kalsium yang dibutuhkan tubuh. Hal tersebut dapat mengakibatkan massa tulang dalam tubuh menjadi berkurang dan berakhir dengan pengeroposan tulang.

Kandungan buah ara yang tinggi kalsium dapat memenuhi kebutuhan kalsium tersebut. Bahkan para ahli menyebutkan bahwa kalsium dalam buah ara lebih tinggi daripada kalsium dalam susu. Tentunya dengan pernyataan tersebut, penderita osteoporosis sangat cocok untuk mengonsumsi buah ara.

  • Baik dikonsumsi bagi penderita diabetes

Penderita diabetes membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang tepat supaya kondisi tubuh dapat terjaga secara maksimal. Untuk menunjang kebutuhan tersebut, buah ara sangat cocok untuk dikonsumsi. Sebab, buah ara mengandung serat yang akan membantu memperlambat penyerapan glukosa pada usus kecil. Adanya serat dan karbohidrat dalam tubuh akan mampu mengontrol gula darah.

  • Pembersih alami kulit

Kulit adalah alat ekskresi yang tidak lepas dari gangguan. Terutama kulit wajah yang paling sering menimbulkan masalah. Salah satunya jerawat yang pasti pernah dirasakan semua orang. Buah ara juga bermanfaat untuk mengatasi kondisi tersebut.

Mengandung mineral alkali yang dapat menjaga pH dalam tubuh sangat cocok untuk mengatasi berbagai masalah yang ditimbulkan kulit. Untuk dijadikan pengobatan, buah ara ini cukup dihaluskan dan dioleskan ke bagian kulit yang ingin dibersihkan. Lakukan perawatan tersebut selama 10 sampai 15 menit secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Buah ara yang tidak hanya enak untuk dikonsumsi, namun juga efektif dalam menjaga kesehatan tubuh. Jadi tidak ada salahnya memasukan buah ara ke dalam salah satu menu sehat harian yang wajib dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *